Wednesday, July 3, 2013

Ada Cinta di 22 tahun

Kali ini, saya ingin sedikit berbagi kebahagian yang saya terima sebagai hadiah di ulang tahun 22 tahun. Kan orang bijak pernah berkata bahwasanya kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan yang dibagi. Daripada menebar kesedihan, tentu lebih baik menebar kebahagiaan. Kan gitu.


Di ulang tahun saya ke 22 tahun ini, ada sesuatu yang istimewa, ada cinta yang tidak dipungkiri mampu meneteskan satu dua tetes air mata. Sebuah kejutan yang disusun apik. Melibatkan orang-orang sekeliling saya. Bahkan sampai teman dekat dirumah dan keluarga.


Video berikut ini adalah video yang berisikan doa dan cinta dari teman-teman terdekat dan keluarga untuk ulang tahun saya ke-22 tahun. Jika berkenan, di play saja. Durasi 23 menitan. Penuh kebahagian. Karena sebaik-baiknya kabar adalah kabar yang membahagiakan. Untuk kualitas yang bagus bisa disetting ke 480p (ini pesan khusus dari editornya).




***


Saya mulai cerita saja. Kronologis singkat sampai akhirnya video itu diputar di layar movie box.


Malam itu tanggal 1 Juli 2013, Kenan, sahabat saya, seperti biasa mengajak untuk kumpul bareng anak-anak yang lain menonton film di movie box. Kenan bilang sudah membooking deluxe room di movie box yang muat untuk 30an orang jam 11 malam. Oke, karena tidak ada kerjaan di kos dan kangen juga dengan begundal-begundal itu setelah lama tidak berjumpa (karena sebelumnya penelitian skripsi di Bali), akhirnya saya memutuskan untuk ikut. Selain itu, acara nonton bareng ini juga berhubung Ikkey (sahabat saya yang lain) akan pergi ke Lombok untuk KKN. Jadi acara nonton bareng ini semacam malam perpisahan gitu.


Namun, sejujurnya saya ada perasaan curiga. Berhubung saya ulang tahun 2 Juli (besoknya), saya pikir anak-anak ini pasti bakal 'ngerjain' saya. Saya harus mempersiapkan diri. Ah, tapi kayanya hanya perasaan saya saja yang GR.


Oke, lanjut. Seperti biasa film bergenre horor selalu menjadi pilihan. Kali ini film yang dipilih berjudul 3.am. Sekitar jam setengah 12 malam, kami masuk ruangan. Film sudah mulai diputar. Kami terkadang kaget, tegang. Musik jeng jeng jeng ala horror mulai berhasil menakutkan. Namun, kira-kira di menit ke-20an film ini tiba-tiba berhenti. Error mungkin, saya pikir.


Namun ternyata tidak. Cinta itu datang. Video diatas itu tiba-tiba muncul begitu saja. Kaget, terkejut, bingung, entahlah apa. Saya berteriak, anjir, ini kerjaan siapa woi. Herannya, anak-anak ini yang tadinya berisik tiba-tiba hening.


02.07.2013. Begitu tulisan pertamanya. Hah, itu kan hari spesial saya. Ulang tahun ke 22 saya. Kemudian muncul semacam stop motion yang bertuliskan Happy Birthday 22. Hadir sesosok orang yang saya kenal betul, membawa tulisan Made Bhela Sanji Buana. Seakan menegaskan video ini dipersembahkan olehnya untuk saya. Spesial. Lalu, diikuti tepuk tangan meriah oleh anak-anak yang sejak tadi berada di ruangan itu.


Oh, no. Orang ini datang dengan cintanya, saya pikir. Saya maju ke depan. Mendekati layar itu. Terheran-heran, ini apa yang sedang terjadi.


Tidak banyak yang saya bisa katakan ketika itu. Deluxe room di movie box yang sejak tadi memutar film horror yang berdramatis tinggi berubah seketika menjadi suasana penuh cinta. Saya merasa dipenuhi dengan cinta. Ruangan itu sesak. Tiba-tiba panas.


Ucapan selamat ulang tahun dari teman-teman dekat lengkap dengan harapannya. Mulai dari teman-teman KKN, sahabat di komunikasi UGM, begundal seperjuangan di kampus PWK UGM, teman sepergaulan, sehobi, hingga yang mengharukan lagi, Ajung, teman dekat saya di kampung juga ada, Mbok Anya, sepupu saya juga ada. Bahkan Blide Angga kakak kandung saya juga ada. Haduh, ini kok bisa begini. Tidak bisa dipungkiri, kaca-kaca dimata muncul begitu saja.


Sesak. Ruangan menjadi sesak. Napas saya atur agar tetap tenang. Tapi sukar sekali. Tangan saya gemetar. Seakan tidak percaya oleh apa yang dipersembahkan oleh semua orang ini untuk saya.


-- Ada yang menarik di video ini. Ada kata kunci yang jenaka menurut saya. Kok bisa-bisanya orang-orang ini mendoakan saya menjadi Bupati lah, Gubernur lah. Tapi doa dan harapan tetaplah dari hati. Saya mengiyakan. Mengamini. Swaha dan Astungkara. --


Dimenit akhir, kembali muncul sosok orang yang mempersembahkan ini semua. Di video tampak seseorang ini membawa kue lengkap dengan lilinnya. Sebelum akhirnya, semua ada di depan saya secara nyata. Gila ini gila, kok bisa gini. Senang dan terharu tidak bisa lagi dipisahkan. Teracak-acak. Terombang-ambing. Saya merasa menjadi orang yang paling bahagia.





***


Semua rentetan kejutan spesial ini diinisiasi oleh seorang perempuan istimewa. Temen dekat pun bukan sebutan yang cukup. Mungkin lebih dari itu. Yang jelas orang ini telah banyak mengenal diri saya. Yang paling jelas orang ini adalah teman terbaik untuk diajak berdiskusi berbagai topik, entah serius, ataupun ngawur sekalian. Lebih jelas lagi orang ini adalah partner saya dalam segalanya. Ah, sulit dijelaskan ternyata. Sejelas-jelasnya orang inilah yang menemani saya hampir setahun terakhir ini.


Saya paham betul, perempuan ini memang doyan membuat sesuatu yang spesial dihari yang spesial untuk orang spesial. Ya, dia jagonya. Tidak heran, teman-teman dan keluarganya sangat menyayanginya. Seperti menunggu-nunggu, kejutan apa yang dibuat oleh orang ini. Dan, saya beruntung. Ternyata saya adalah salah satu orang spesial bagi dia. Thanks, Tik! :)




[caption id="attachment_1161" align="aligncenter" width="199"] Tika[/caption]

Selain orang ini, ada juga dua perempuan lainnya yang telah banyak membantunya untuk membuat video ini (katanya). Ya, ketiga bidadari ini anak komunikasi UGM. Terimakasih buat cinta yang diberikan bro ;)




[caption id="attachment_1162" align="aligncenter" width="300"]Dini, Bian, Tika Dini, Bian, Tika[/caption]

Ada juga si bracuk jancuk di belakang layar ini semua. Ya, si Lanang, partner sekaligus orang yang paling sering saya ajak berantem. Tika juga mengutus dia untuk membantu menyelesaikan video ini. Tapi tetep, kali ini Tika yang menjadi sutradara satu-satunya. Begitulah Lanang. Orang ini nyebelin tapi ya gitu lah. Beruntung juga punya sahabat macem dia. Thanks cuk buat karya yang ini. Boleh dimasukin di portfolio gagukgaguk prod. nih. Hahaa. Ijin dulu sama Tika.


Thanks berat buat Kenan, yang sudah kurang ajar membohongi saya. Juga buat Dendy yang udah dirempongin Tika. Haha.. Thanks Den!


Terimakasih terimakasiiiih buat semua semua semuaaanyaaa para begundal-begundal romantiiss.. Saya terharu. Pun ketika menulis ini.


Dan inilah penampakan dari begundal-begundal yang memberi kejutan ini. Kalian banyak berbohong. Haha :D


_MG_4946

_MG_4955


Terimakasih atas doa dan cinta yang sudah diberikan. Semoga di usia 22 tahun ini kita semakin bisa bersinergis untuk menggapai cita-cita kita. Jayalah untuk kita semua! Semoga tetap bisa seperti ini di 23, 24, 25, 50, 70, 80, 100 selamanya sampai akhir hayat. Aku sayang kalian semua.