Tuesday, March 5, 2013

Cara Kerja Si Mbah Google

Dulu, mencari informasi tidak semudah dan sepraktis sekarang. Untuk membuat tugas kuliah misalnya, orang-orang harus berkeliling perpustakaan untuk mencari buku yang didapatkan. Untuk tahu berita hari ini harus jauh-jauh membeli koran. Dulu, informasi apapun itu sewajarnya kita mencari secara manual. Memang diakui kegiatan "konvensional" semacam ini lebih mengasyikan. Beberapa orang tetap setia dengan cara seperti itu. Tidak ada yang salah.

GOOGLE


Masalahnya, sekarang jaman serba canggih. Yang tampil sebagai pemenang di era global seperti saat ini adalah orang yang paling cepat mendapat informasi dan bisa berkomunikasi dengan baik. Jika masih menggunakan cara-cara lama ditakutkan kita ketinggalan kereta peradaban yang melesat sangat cepat.

Dan terpujilah Larry Page dan Sergey Brin yang menemukan Google diawal tahun 1996. Teknologi yang bernama Google ini merupakan mesin pencari informasi yang super cepat. Tinggal mengetik beberapa keyword dan tidak sampai sedetik, jreeeng, semua informasi langsung muncul dengan urutan teratas merupakan situs yang diyakini paling relevan.

Bagaimana Google bekerja?

Nah, di situs www.google.com/insidesearch/howsearchworks/thestory/ dijelaskan bagaimana alur kerja pencarian Google yang luar biasa rumit. Dalam situs itu dijelaskan dengan animasi yang cukup menarik cara kerja teknologi search engine ini. Rasanya lebih mudah dipahami, namun tetap saja rumit. Hanya butuh waktu 1/8 detik, google melewati seluruh langkah yang secara umum, yaitu Crawling & Indexing, Algoritma, dan Fighting Spam. Google menyisir sekitar 30 triliun halaman situs yang tersebar di jagat maya.

Semua dimudahkan berkat adanya penemuan teknologi yang bernama Google ini yang sejak awal ditemukan mempunyai misi "To organize world's Information and make it universally accessible and useful". Terimakasih, Google!