Thursday, January 3, 2013

Tahun ini wisuda!

Saya beri judul seperti itu sebagai motivasi diri sendiri untuk segera menyelesaikan proposal penelitian dan segera mencari data untuk penelitian skripsi S-1. Bukannya sombong atau gaya-gayaan. Ini adalah soal tanggungjawab dan sebuah cita untuk menjadi Sarjana Gadjah Mada di tahun ini. Tahun ini akan menjadi sejarah dalam hidup saya. Nama legal yang diberikan oleh orang tua dan tercantum di Akta Kelahiran ini, segera akan disisipkan 2 huruf sakral di bagian akhir. ST, Sarjana Teknik :) Astungkara.




[caption id="attachment_535" align="aligncenter" width="320"]Topi tabung wisuda Sumber : http://www.4shared.com/photo/FliVsGbA/Topi_tabung_wisuda.html[/caption]

SKRIPSI. Sebuah tumpukan kertas ajaib itulah yang mengantarkan kita ke depan gerbang Sarjana. Ya bener, tentunya jenjang S-1 bukan melulu soal menyelesaikan skripsi. Menjadi seorang sarjana adalah tentang bagaimana kita bisa menjadi problem solver atas segala bentuk permasalahan dalam masyarakat. Berjibaku bersama masyarakat berkontribusi untuk membangun bangsa. Sebagai kaum intelektual yang bisa mengaplikasikan ilmunya untuk kesejahteraan orang banyak. Itu yang lebih penting. Perjalanan 144 sks hasil berjuang selama 8 semester itu tidak mudah. Penuh darah dan air mata. Bukan cuma keinginan cepet lulus demi prestise, namun sebenarnya masih "kosong". Terlebih lagi, sekarang ini kan sudah banyak jasa untuk membantu menyelesaikan skripsi dengan cepat. Sebuah pamflet yang ditempel di divider jalan depan Fakultas Teknik UGM misalnya, yang bertuliskan Kesulitan SKRIPSI/TESIS ? Hub. 081xyxyzzyzzy. Nah, menjadi Sarjana (instan) mudah kan? :p


Saya sebagai mahasiswa bangkotan tingkat akhir yang astungkara semester ini tutup teori dan segera menyusun skripsi, menganggap membuat skripsi adalah sebuah momentum yang paling tepat untuk menghasilkan karya ilmiah dalam keseluruhan perjalanan hidup kita. Sebuah tulisan yang menjadi bukti eksistensi bahwa kita pernah terlahir di dunia menjadi homo sapiens, manusia yang berpikir. Jadi, minimal dalam hidup kita ini, kita bisa menyumbangkan 1 karya ilmiah untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Begitu.


Idealnya, membuat skripsi jangan asal-asalan. Yang penting cepet lulus. Toh cuma sebagai persyaratan lulus S-1 aja kan? Tidak bro! Skripsi adalah soal suara hati ini memanggil namamu~.


Ya, barusan itu lirik lagu NOAH :D


Ya kira-kira begitu. Tak ingin berlama-lama beropini, takut berbusa. Harapan saya untuk wisuda tahun ini bukan isapan jempol belaka. Mari kita kembali ke microsoft word dan PDF e-book yang baru saja berhasil di download.


Selamat mengerjakan skripsi, kawan. Sampai jumpa di wisuda tahun ini! :)