Sunday, January 27, 2013

Survival Strategy : Koin Koin Harapan

[caption id="attachment_923" align="alignleft" width="300"]Sumber : http://www.pandaamerica.com/details.asp?item=5061&grp=1&categ=1 Sumber : http://www.pandaamerica.com/details.asp?item=5061&grp=1&categ=1[/caption]

Keberadaan koin di sekitar kita sering luput dari perhatian. Koin sering disebut sebagai pelengkap, atau hanya sebatas kembalian saja saat berbelanja. Bahkan, terkadang koin disamakan dengan permen. Iya kan? Di beberapa toko masih menggunakan permen sebagai pengganti koin kembalian. Koin dianggap tidak sepenting selembar merah 100 ribu rupiah. Iya sih~ :D Padahal, sejatinya koin-koin inilah cikal bakal dari lembaran mata uang yang kita pakai sehari-hari sebagai alat tukar yang resmi. Setelah jaman dulu asik dengan sistem barter. Tukar barang.

Terkadang kita merasa malu jika memakai koin untuk berbelanja. Apalagi belanja di toko yang agak besar. Kata orang-orang "habis ngamen dimana, mas?". Beda lagi, koin juga digunakan sebagai simbol yang pas untuk menggambarkan sebuah rasa kepedulian dan kesederhanaan. Koin keadilan untuk Prita misalnya.

Bagi saya mahasiswa perantau, koin-koin ini adalah salah satu survival strategy dimana harapan hidup di tanggal tua seperti ini saya gantungkan di tiap keping koin di celengan saya. Mungkin tidak terlalu berarti jika di tanggal muda, tapi di saat gawat darurat seperti sekarang, koin memang membantu. Kenapa saya katakan survival strategy? Ya, ini salah satu strategi yang saya gunakan demi kelangsungan hidup saya. Ketika di dompet masih ada beberapa lembar 50 ribuan. Koin-koin inipun tersisih. Bukan tersisihkan begitu saja. Koin demi koin saya kumpulkan di celengan kesayangan saya. Sedikit-demi sedikit lama-lama juga tanggal tua. Nah, disaat dompet menipis, saya buka celengan, mengambil beberapa keping dan merapikannya per-seribu rupiah. Terselamatkan. Koin-koin ini memang harapan. Bisa untuk sekedar menongkrongi angkringan plus sebatang djarum super. Cukup :)

Memang koin terkadang mempunyai cerita tersendiri. Belanja menggunakan koin merupakan sebuah kepuasan tersendiri. Jadi, jangan sia-siakan koinmu. Bersenang-senanglah dengan koinmu. Koin kebahagiaan.