Monday, January 28, 2013

Sedang Tidak Ada Ide

Sulit ternyata. Konsisten menulis secara 30 hari berturut-turut ternyata tidak gampang. Apalagi orang yang baru masuk dalam dunia tulis menulis blog seperti saya. Semoga saya terus belajar untuk membuka isi otak dan perlahan menuliskan dengan baik. Saya sedang belajar. Sedang menikmati prosesnya. Dalam rutinitas sehari-hari saya selalu memikirkan hari ini nulis apa ya. Otak seakan dipaksakan untuk memproduksi ide. Sulit tapi bisa. Yakin.

Ide terkadang bisa muncul dimana saja. Bisa disaat sedang mengendarai motor, atau bisa disaat (maaf) jongkok di toilet :D

Tapi untuk malam ini jujur saya tidak ada ide. Saya tidak ada ide untuk menulis. Sebenernya ada beberapa draft yang belum di publish. Namun, saya belum cukup percaya diri untuk mempostingkannya. Sepertinya perlu proses edit lagi.

Dan ternyata ketidakadaan ide tidak membuat saya tidak menulis. Saya yakini, untuk membiasakan diri menulis harus melalui fase ini. Fase dimana sedang buntu tidak ada ide.

Tapi apapun itu saya tetaplah harus menulis agar jemari saya tidak kaku lagi menari di atas keyboard. Memang harus sedikit dipaksakan. Tidak apa-apa lah, namanya juga belajar. Membiasakan diri untuk menulis memang harus juga membiasakan diri bisa menulis disaat tidak ada ide. Atau selanjutnya jangan sampai tidak ada ide lagi deh. Ide jangan sampai padam.

Saya harus banyak membaca lagi.

Selamat malam.