Wednesday, January 30, 2013

Jongkok Menjadi Lebih Seru

Jongkok di toilet sambil melihat-lihat timeline twitter dan membaca kabar terbaru dari situs penyedia berita online menggunakan ponsel memang kolaborasi yang pas. Rasanya saat jongkok kita bisa konsentrasi penuh terhadap kegiatan membuka mention twitter, chat baru di Blackberry Messenger, SMS-an dan sebagainya. Itu bagi saya :D .

Memang tidak bisa dipungkiri. Ponsel selalu menjadi teman yang pas ketika jongkok di toilet. Tak heran, kegiatan jongkok ini memakan waktu yang lebih lama dari biasanya. Ponsel di tangan kanan, rokok di tangan kiri. Seperti itu biasanya. Jongkok tidak lagi membosankan.

Dulu, orang-orang jongkok sambil membaca buku, koran, majalah dan lainnya. Sekarang, seiring perkembangan jaman informasi, kebutuhan untuk mengakses berita bisa menggunakan ponsel. Akibat telepon seluler dalam genggaman, rutinitas jongkok di pagi hari jadi lebih seru.

Bagi saya, jongkok sering berhasil menghasilkan ide. Perenungan yang dilakukan dalam jongkok memang menyenangkan. Tidak jarang, rencana-rencana dan impian saya banyak terlahir dari jongkok. Mengkhayalkan sebuah kondisi yang sesuai mimpi. Mencoba mengingat-ingat kembali apa saja yang telah dilakukan, instrospeksi diri dan bagaimana rencana ke depan sering saya lakukan dalam posisi jongkok di toilet. Maka jangan heran, saya bisa berlama-lama di toilet.

Apalagi bentuk "jongkok"  yang bertransformasi menjadi "duduk". Toilet duduk. Ini lebih spektakuler lagi. Saya merasa seperti patung Homo Sapiens karya Auguste Rodin. Orang yang berpikir. Seni banget rasanya.

Tapi biarpun ada yang "duduk", menikmati pagi di toilet dengan jongkok merupakan citarasa tersendiri. Biarpun kaki terkadang sampe kram, justru disana serunya. Menandakan proses merenung sudah selesai dan segera dilanjutkan dengan mandi seperti biasa. Ponsel ditaruh di tempat yang aman. Agar terhindar dari semburan air mandi. Hati terasa sudah lega, semua yang kotor-kotor sudah dibuang. Dan berita hari ini juga sudah selesai dibaca.

Menurut saya, akibat adanya ponsel, kegiatan jongkok menjadi lebih seru. Bagaimana menurut anda? :D