Monday, September 24, 2012

Festival Seni Budaya Keagamaan Hindu Tingkat Nasional II

Masyarakat Hindu di Indonesia memiliki kesenian dan budaya yang berbeda di masing-masing wilayah. Karena masyarakat Hindu yang kontekstual menyesuaikan dengan lokalitas dan tradisi pada masing-masing tempat. Oleh karena itu, untuk menghimpun dan mengapresiasi setiap ekspresi seni dan budaya di seluruh wilayah Indonesia, Kementrian Agama RI Dirjen Bimas Hindu menyelenggarakan Festival Seni Budaya Keagamaan Hindu Tingkat Nasional II yang pada tahun ini ditunjuk Yogyakarta sebagai tempat perhelatan acara bertaraf nasional ini.


Festival Seni Budaya Keagamaan Hindu Tingkat Nasional II di Yogyakarta pada hari selasa-jumat, 25-28 Sptember 2012 ini diikuti oleh perwakilan dari 16 provinsi di Indonesia, yaitu Provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Bali yang akan menampilkan berbagai macam karya seni yang bersifat sakral, dimana memiliki makna dan nilai estetika yang tinggi, seperti mantra, suara genta, seni tabuh, seni tari, kidung kerohanian, sesaji dan kearifan lokal dari seluruh wilayah Indonesia. Diharapkan dengan interaksi yang terjalin antar kontingen bisa saling sharing terkait budaya masing-masing daerah, dan juga bisa menambah kreativitas untuk berkesenian, terlebih lagi untuk para generasi muda Hindu.


Selain masyarakat Hindu, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan umat lain, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Konghucu dalam Parade Nusantara pada Rabu, 26 September 2012 yang akan menempuh perjalanan 4 Km, dari lapangan Taman Abu Bakar Ali - Jln. Malioboro, dan finish di Pura Pakualaman Yogyakarta. Setelah acara Parade Nusantara, disambung dengan acara yang bertajuk "Pesta Rakyat" yang diselenggarakan di Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta dan kemudian Sarasehan yang membahas mengenai perkembangan seni dan budaya, sebagai langkah untuk mencari solusi dan arah yang tepat demi memajukan seni nasional.


***


Luar biasa! Apresiasi setinggi-tingginya. Inilah acara yang dinanti-nanti. Acara ini memang sebagai acara untuk mengaktualisasikan diri kita sebagai Hindu Indonesia yang beragam dan berkesenian. Tepat sekali diadakan di Yogyakarta, seakan menegaskan kembali bahwa kota ini memang Kota berkesenian, berbudaya dan berhati nyaman.


Beberapa dari kami KMHD UGM ditunjuk sebagai panitia untuk ikut menyukseskan acara tahunan ini. Kebetulan saya ditunjuk sebagai LO/Pemandu kontingen dari Lampung sejak awal tiba di Jogja 25 September 2012 sampai keberangkatan pulang 28 September 2012.


Dan akhirnya, acara ini tentu dipersilahkan untuk umum. Sangat layak disaksikan, melihat kesenian budaya Indonesia dari perspektif Hindu. Semangat Dharma! :)