Sunday, April 29, 2012

Festival Kota Gadjah Mada 2012


Gencarnya kampanye mengenai pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di berbagai belahan dunia seolah menjadi angin segar yang mampu mematahkan paradigma pembangunan konvensional, business as usual. Dahulu, sejak manusia mengenal cara mengelola sumber daya alam dengan teknologi, menyebabkan dunia terlalu dipuaskan oleh keuntungan ekonomi meski mengabaikan aspek sosial dan ekologi. Alhasil berbagai masalah global seperti deindustrialisasi di negara-negara Eropa (pasca revolusi industri) dan Krisis Ekonomi Asia pada 1997, menyebabkan terjadinya banyak konflik sosial dan krisis lingkungan, diikuti dengan imbas nyata berupa perubahan iklim. Fenomena semacam ini membuat kondisi masyarakat terutama di perkotaaan, menemui kegagalan dalam menciptakan kehidupan yang manusiawi (humanis). Pandangan terhadap pentingnya peran kota dalam mewadahi setiap  aktivitas dan interaksi penduduk, serta kemampuannya untuk merangkul dan berlaku adil pada semua kalangan secara menyeluruh baik dari aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup; melatarbelakangi diselenggarakannya rangkaian acara Festival Kota Gadjah Mada (FESTAGAMA) 2012.


Festival Kota Gadjah Mada (FESTAGAMA) 2012 merupakan bagian dari “The Golden 50th Age” Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik UGM . Kegiatan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota atas kegiatan KKP (Kuliah Kerja Perencanaan) yang diselenggarakan pada 9-15 Juli 2011 lalu di Surakarta (Indonesia), Malaysia, dan Singapura. Adapun rangkaian acara pada kegiatan FESTAGAMA 2012 ialah:


1. Seminar Nasional “City Colourful : The City for Its People”


Seminar Nasional ini berbicara tentang bagaimana kota seharusnya diciptakan sebagai ruang yang nyaman dan efektif dalam mendukung kegiatan penduduknya, serta mampu merangkul masyarakat dari berbagai kalangan secara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.


Waktu                   : Sabtu, 12 Mei 2012
Pukul                     : 08.30 – 15.00 WIB
Tempat                 : Gedung Auditorium Pasca Sarjana UGM


Pembicara dan topik pembahasan




  1. Keynote Speaker: Kementerian Bappenas

  2. Social Housing Planning: Ir. Parwoto Tjondro Sugianto, MSD., (Konsultan Perumahan dan Pembangunan Masyarakat, World Bank Indonesia);

  3. Environmental Justice: Dr. Ir. Aca Sugandhy M.Sc (Founders of Urban and Regional Development Institute (URDI), Konsultan dan Tenaga Ahli Lingkungan Hidup, Dosen Kajian Ilmu Lingkungan Pascasarjana UI)

  4. Walkable-Livable City: Ir. Heru Sutomo, M.Sc (Eng)., P.hD, (ketua Pusat Studi Transportasi dan Logistik UGM);

  5. Urban Culture-urban Living: Prof. Heddy Shri Ahimsa Putra, MA. M.Phill. Ph.D, (Guru besar antropologi, Ahli antropologi dan budaya perkotaa)


Ticketing & CP : 085223555591 (Wildan) -  085643419742 (Ayu)


2. City Campaign


City Campaign merupakan bentuk aksi nyata mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota UGM terjun ke masyarakat dengan tujuan mengenalkan masyarakat dengan isu-isu perkotaan yang berkembang sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih peduli kepada kota sebagai ruang aktivitas masyarakat.


3. Surat Untuk Jogja


Surat untuk Jogja merupakan suatu bentuk kegiatan menghimpun harapan-harapan masyarakat dan komunitas yang berkembang di Kota Yogyakarta terhadap kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Kompilasi dari surat yang telah dihimpun akan diserahkan langsung kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X pada acara puncak dari rangkaian FESTAGAMA 2012.


4. Acara Puncak FESTAGAMA 2012


Waktu                   : Kamis-Jumat, 24-25 Mei 2012
Pukul                     : 10.00 – 21.00 WIB
Tempat                  : Mal Galeria


Rangkaian Acara:


a. Pameran Kota


Pameran hasil karya Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota UGM berbentuk bentuk desain tata ruang dengan tema-tema seperti kota baru (new town), shopping area, manajemen transportasi, dan juga upaya konservasi heritage yang humanis, refleksi dari Surakarta, Malaysia, dan Singapura.


b. Talkshow “Bicara Jogja, Bicara Masa Depan”


Secara umum berbicara tentang Penataan ruang kota Yogyakarta; Permasalahan utama tata ruang Kota Yogyakarta; Masa depan kota Yogyakarta dengan banyaknya penduduk baru yang datang dari luar kota; Solusi permasalahan Kota Yogyakarta.


Mengundang pembicara dari berbagai kalangan, diantaranya: Sri Sultan Hamengkubuwono X*, Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta; Drs. H. Haryadi Suyuti, Walikota Yogyakarta; Kepala Bappeda Kota Yogyakarta*; dan Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MURP., Ph.D, (Mantan Kepala Bappeda Provinsi DIY; Dosen Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Gadjah Mada);


Informasi FESTAGAMA : 085223555591 (Wildan) -  085643419742 (Ayu) – 085739577751 (Made)


Sumber : http://ft.ugm.ac.id/en/event/festival-kota-gadjah-mada-festagama-2012.html