Saturday, October 15, 2011

"...bagi insan dunia yang mengagungkan cinta"

Tau kenapa saya memberi judul postingan seperti itu?
Ya! itu penggalan lagu "Cintaku" dari seorang musisi legendaris indonesia Crishye. Saya mencoba me-arrange musiknya kembali dengan nuansa etnik Bali (entah itu berhasil atau tidak, pokoknya nuansa Bali)
Saat itu adalah diselenggarakannya Dharma Shanti UGM dalam rentetan acara Nyepi Kampus saka 1933 di Taman Budaya Jogjakarta, 24 april 2011 lalu yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma UGM. Ini event tahunan, yang menampilkan berbagai kesenian-kesenian tradisional yang sebagian besar adalah kesenian Bali.
Saya ditugaskan oleh Panitia untuk membuat kolaborasi antara musik tradisonal dengan musik modern. Ini memang saya pikir sangat menarik, sering saya menyaksikan kolaborasi musik kontemporer seperti itu dan naluri bermusik saya diuji disini. Saya harus membuat konsep musik sedemikian rupa dan mencari beberapa partner lain yang bisa membantu. Memang kesulitan terbesar adalah si pemain ‘tradisional’ tidak bisa memainkan musik ‘modern’ dan sebaliknya, sehingga sering terjadi ketidak-sinkronan. Kebetulan saya bisa memainkan keduanya. Nah..tugas saya disini menjembatani mereka, antara ‘modern’ dan ‘tradisional’ menuju harmoni musik yang saya inginkan.
Dengan pengalaman saya pernah ikut Pesta Kesenian Bali di sanggar Githa Yowana Jembrana, saya mencoba menjadi ‘arranger’ disini ( big thx for Sanggar Githa Yowana, so many inspirations from u). Membentuk harmoni dari pola-pola midi sederhana yang saya buat di kamar, gitar fals, bass sederhana, dentingan gamelan tradisional Bali yang bergelora ( thx juga untuk para “sekaa gamelan KMHD UGM” atas bantuannya yaa).
Ini sangatlah jauh dengan musik2 kontemporer yang saya sering liat, jauh bangeet. Setidaknya mendekati lah yaa? (maksa sih yak), karena ini pengalaman pertama saya untuk me-arrange musik ‘by my self’.
Persiapan ini semua cuma 5 hari, yaa 5 hari, jadi permaklumannya atas suara vokalis yang terkadang ‘mereng’ (fals) (but thx yaa mbok..U ROCK!), tempo yang kejar-mengejar dan suara gitar yang fals.
Selamat menikmati!